TV Online

  • Rabu, 22 Agustus 2012

    Tehnik Extreme Menyelamatkan DATA Hardisk


    Bagia sebagian teknisi tentu mempunyai cara masing-masing dalam menyelamatkan data pada hardisk yang motor dan head sudah tidak sinkron lagi alias koclak. Ada yang melakukan kanibal sparepart ada juga yang mencoba memberi getaran lunak pada hardisk, namun kali ini cara yang akan saya ketengahkan sedikit extreme. Mengapa demikian karena jika salah sedikit saja bukan hanya data kalian yang lenyap namun hardisk kalian pun akan mati total.

    Bagi yang kurang yakin dengan cara ini sebaiknya menyimak saja ya, namun bagi yang ingin mencoba silahkan namun resiko di tanggung sendiri.

    Hal yang diperlukan disini adalah,
    1. Hardisk yang motornya dah koclak
    2. Software Teracopy
    3. Kecekatan tangan dan doa (hehe).

    Cara :
    Jika sudah merasa yakin maka mari kita mulai dengan mebuat folder baru untuk menyimpan data-data yang akan dipindahkan. Lalu jika sudah memiliki software teracopy maka tinggal melakukan proses copy saja namun jika belum memiliki Tera Copy silahkan unduh di http://www.brothersoft.com/teracopy-download-64348.html , dan lakukan install. Setelah itu baru lakukan proses copy sambil mendengarkan bunyi hardisk yang sedang berputar, jika sudah mulai berbunyi "klek kelk klek" maka cabutlah kabel power hardisk namun jangan sampai terlepas (hanya sampai hardisk berhenti bekerja) dan langsung pasang kembali sehingga hardisk akan langsung melakukan restart motor dan proses copy-pun berlanjut, karena TeraCopy sendiri cara kerjanya mirip dengan IDM (internet download manager) dia bisa melakukan pause dalam proses copy dan bisa dilanjutkan kembali. Namun pada saat saya melakukan test proses pause tidak saya gunakan. Satu hal lagi pada saat melakukan kegiatan ini pastikan bahwa kalian menggunakan alas kaki yang kering bila perlu lakukan di atas karpet supaya tidak terjadi sengatan listrik.

    Sekali lagi jika kalian kurang yakin dengan cara ini sebaiknya bawa hardisknya ke tukang servis, karena dimana-mana juga masih ada yang lebih berpengalaman.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar