TV Online

  • Rabu, 22 Agustus 2012

    Merubah alamat DNS Server




    DNS Server
     
            apa itu DNS?? DNS atau biasa disebut Domain Name System sering digunakan untuk menamai sebuah tempat yang memiliki database untuk bisa diakses oleh orang banyak. Namun terkadang sebuah data yang tersimpan pada sebuah website tidak dapat kita masuki dengan mudah dikarenakan beberapa DNS menerapkan filter yang cukup ketat.
    Bagi pengguna Flexi atau AHA pasti akan susah memasuki web yang beisi konten negatif bahkan beberapa diantaranya akan langsung muncul pesan dari DNS yang diikutinya. Selain itu juga DNS server ini juga berguna untuk mereka yang sering melakukan kegiatan download data baik berupa lagu, film dsb.
    Cara untuk merubah alamat DNS server ini cukup sederhana jika kita menggunakan fasilitas software modem USB kita tinggal masuk ke dalam setting dan merubah data pada advance option profile koneksinya. Namun saya tidak akan membahas dari software modemnya karena tiap software memiliki karakter yang berbeda-beda. Jadi mari kita merubah alamat DNS servernya melalui profile Connection yang telah kita buat melalui Network Connection (pada windows XP) atau Ineternet Option (pada windows Vsta & 7)

    Untuk windows XP
    1. Buka Control Panel lalu klik Network Connection
    2. Pada bagian Dial Up pilih koneksi internet yang biasa kita pakai lalu klik kanan dan pilih properties
    3. Pilih tab Networking  dan pastikan kita sorot Internet Protocol (TCP/IP) lalu klik properties
    4. Secara default baik alamat IP serta alamat DNS akan otomatis  ditentukan dari provider masing-masing namun untuk alamat IP kita biarkan saja
    5. Ubah opsi DNS menjadi Use the following DNS server Address
    6. Masukan alamat DNS nya ke dalam 2 kolom yaitu Prefered DNS Server dan Alternate DNS Server (untuk alamat DNS server silahkan kunjungi http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Daftar_DNS_Server_Bagi_Pengguna_Indonesia)
    7. Setelah semuanya kita tulis tinggal selanjutnya klik OK dan OK.....

    Untuk windows Vista & 7
    1. Buka Control Panel lalu pilih Internet Options
    2. Pilih tab Connections dan pilih koneksi Profile yang akan kita edit DNS servernya
    3. klik Settings>Properties>Networking
    4. Untuk windows Vista & 7 ada 2 tipe IPv yaitu IPv4 dan IPv6, dua-duanya bisa kita ubah alamat DNS nya seperti pada windows XP.
    5. Setelah semua kita ubah DNS servernya tinggal kita test.

    Lalu langkah selanjutnya adalah tinggal melakukan test pada website yang sebelumnya tidak bisa kita buka atau melakukan kembali proses download yang sempat lambat.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar