TV Online

  • Rabu, 22 Agustus 2012

    Mari Mengenal Docking Hardisk


    Dewasa ini perkembangan hardisk sangat pesat dan kapasitasnyapun sangat menakjubkan dan beragam dari mulai kapasitas kecil 40GB (Giga Byte) sampai yang berkapasitas besar 1TB (Tera Byte). Ukuran fisiknya hardisk terbagi 2 yaitu 3,5" dan 2,5", untuk yang ukuran 3,5" biasa digunakan  pada desktop sedangkan ukran 2,5" digunakan pada Notebook, Netbook serta hardisk portable. Nah kadang kala jika suatu saat teman kita berkunjung ke rumah karena ingin mengcopy data atau software namun dia hanya membawa hardisk saja maka apa yang biasa kita lakukan, pasti kita secara otomatis akan mencopot kabel data dan power yang tersambung dengan hardisk atau CD-ROM/DVD-ROM kita bukan dan ini sangat merepotkan. Apa tidak ada cara lain selain mencopot kabel-kabel tersebut??? Apakah ada alat yang bisa membantu proses di atas???

    Jawabannya ada!! Kita bisa menggunakan yang namanya hardisk dock atau docking hardisk. Mungkin bagi sebagian kita sangat awam dengan istilah ini tapi memang itulah sebutannya. Hardisk dock atau docking hardisk adalah sebuah alat yang berguna untuk menyambungkan hardisk tanpa perlu susah payah mencopot kabel data dan power dari hardisk atau CD-ROM/DVD-ROM kita. Bentuknya pun mungil dan sederhana serta mengandalkan sambungan dari USB membuat hardisk dock ini sangat cocok buat tambahan asesoris komputer kita.


    Single Dock

    Double Dock

    Bentuk Depan & Belakang

    Saat ini memang belum banyak toko asesoris komputer yang menawarkan perangkat ini namun pada di situs tertentu seperti Kaskus dan Chip sudah mulai banyak yang menjual tools seperti ini. Dan harganyapun beragam mulai dari Rp.250.000,- hingga Rp.500.000,- tinggal pilih model saja. Biasanya juga sudah terdapat fitur slot memory card jadi selain untuk hardisk dock juga untuk membaca memory card.

    Adapaun spesifikasi umumnya saya beri gambaran yang double dock

  • USB1.1, USB2.0, SATA I, and SATA II compatible
  • Hi-speed USB2.0 data transfer rate up to 480MB/s(Max), SATA II transfer rate up to 3GB/s
  • Supports 2.5/3.5 inch SATA Hard Drive of any capacity
  • One Touch Backup function for file or data backup
  • Plugs and plays
  • Power LED indicator
  • On/Off switch
  • Supports up to 64 memory cards : a). CF Slot: CF I, CF 2, Extreme CF, Extreme III CF, Ultra II CF, HS CF, MDb). MS Slot: MS, MS Duo, MS Pro, MS Pro Duo, MS Magic Gate, MS Magic Gate Pro, MS Magic Gate Duo, MS Magic Gate Pro Duo, Extreme MS Pro, Extreme III MS Pro, Ultra II MS Pro, HS MS Magic Gate Pro, HS MS Magic Gate Pro Duo, MS Rom, MS Selectc). SD/ Mini SD/ Extreme SD/Extreme III SD/Ultra II SD/MMC 1/MMC 2/MMC 4.0/RS MMC/HS RS MMC/ MICRO SD (T FLASH)d). X-memory Slot: X-memory
  • Power: Input 100-240V, 50-60Hz; Output 12V-2A, 5.0V-2A
  • OS Support: Windows 98/98SE/ME/2000/XP/ VISTA and MAC OS 9.X, or higher

  • Gimana menarik bukan tools nya, pada bahasan berikutnya akan saya perkenalkan player-player digital portable yang belum sempat beredar di Indonesia. Seperti MKV Player, RM Palyer dsb

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar